+62 21 3901208 info@bpkgunungmulia.net

Jebakan Batman, istilah yang akrab kita dengar. Tentu tidak ada orang yang mau terperangkap. Namun, betapa sering kita terjebak. Misalnya terjebak macet, banjir, rutinitas, hingga investasi bodong.

Dalam kehidupan dan pekerjaan/karier, ternyata banyak perangkap yang menjerat orang tanpa disadari. Jebakan tersebut ibarat pasir isap. Semakin keras berusaha keluar, justru makin menarik orang tersebut makin dalam. Fenomena itu diungkapkan oleh David M.R. Covey dan Stephan M. Mardyks dalam buku Trap Tales: Menghindari 7 Perangkap Penghambat Kesuksesan (Penerbit Libri, 2019).

Apa saja 7 perangkap tersebut? Yuk, kita jelajahi satu per satu.

Perangkap Relasi
Buku Trap Tales terdiri dari 4 bagian yang disajikan secara naratif. Tokoh utamanya Alex, seorang profesional sukses. Ia menikah dengan Kim. Mereka memiliki dua orang anak, Laura dan Michael yang beranjak remaja.

Bagian pertama dikisahkan tentang kehidupan Alex. Lahir dan besar dari keluarga berada, Alex tidak pernah merasakan kekurangan uang. Semua keinginannya terpenuhi. Meskipun bekerja dengan pendapatan besar, Alex tidak memiliki tabungan akibat gaya hidup mewah.

Alex sempat kehilangan pekerjaan. Hal yang tidak pernah ia duga, apalagi memikirkannya. Ia merasa aman karena kinerjanya bagus. Namun, akibat resesi, perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. Situasinya tidak jauh berbeda dengan apa yang sedang terjadi di dunia saat ini.

Enam tahun berlalu. Alex merasa kehidupannya baik-baik saja. Namun, teman dan lingkungan pergaulan membuat Alex kembali terjebak dalam gaya hidup glamour. Ia pun tergiur menukar mobilnya dengan mobil mewah, meskipun dengan cara kredit. Keputusan sepihak ini membuat Kim, istrinya, kesal.

Menghadapi masalah kehidupan yang rumit, tanpa diduga, Alex bertemu dengan Victoria, ibu dari sahabatnya. Victoria sosok yang hangat dan ramah. Melalui dialog antara Alex dan Victoria, kita diajak mengenali perangkap-perangkap dalam kehidupan.

Dari 7 jebakan yang menghambat keberhasilan dalam hidup dan karier, yang pertama adalah perangkap relasi. Dalam “Perangkap Relasi” ini bisa terjadi dalam hubungan pernikahan maupun bermitra dalam usaha atau bisnis. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Salah satunya, gagal menggeser pola pikir dari “saya” ke “kita”. Dalam kisah Alex dan Kim, meskipun telah menikah, mereka menjalani kehidupan sebagai lajang.

Trapologist
Melalui sosok Victoria dalam buku Trap Tales ini, David & Stephan mengajari kita seni trapologi. Secara perlahan, kita juga dilatih untuk mengenali dan keluar dari 7 perangkap tersebut hingga menjadi seorang trapologist.

Trapologi adalah seni menghindari diri dari perangkap kehidupan atau karier modern sehingga dapat mengembangkan diri sepenuhnya. Trapologist ialah orang yang dapat mendeteksi dan menghindarkan diri dari perangkap karier untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin serta menolong orang lain melakukan hal yang sama.

Apa saja langkah untuk keluar dari perangkap tersebut? David & Stephan menawarkan “terobosan pencerahan”, istilah lain dari “pergeseran paradigma”, sebagai ganti dari cara konvensional.

“Pesan utama sebagai trapologist adalah pengharapan – keyakinan bahwa setiap orang dapat mengubah jalan hidup mereka, pada setiap tahap kehidupan mereka,” kata David.

Bagaimana babak berikutnya dari kisah Alex? Ikuti terus ulasannya lanjutannya. (*)

Sumber:
https://inspirasiindonesia.id/